Pola Napas

Apakah yang dimaksud dengan “Pola Napas”? Pola Napas (Breathing Pattern) adalah sebuah ritme yang diciptakan oleh sistem saraf tubuh dan otak untuk mengatur pernapasan tubuh secara normal dalam kehidupan sehari-hari.

Ritme pernapasan ini berubah sesuai dengan keadaan dan fenomena yang sedang dihadapi. Ketika tubuh berada dalam keadaan santai, maka pola napas yang terjadi adalah pelan dan halus. Namun ketika tubuh sedang mengalami guncangan sedang, misalnya dalam keadaan terburu-buru, maka pola napas yang terjadi adalah napas yang cepat dan pendek. Dan ketika tubuh berada dalam guncangan hebat, misalnya gertakan atau keadaan yang mencengangkan, maka pola napas yang terjadi adalah napas terhenti. Pola napas seperti ini sangatlah normal terjadi pada tubuh dan kebanyakan dari kita memiliki pola napas yang hampir sama satu dengan lainnya.

Perbedaan pola napas juga terjadi disebabkan oleh gaya hidup. Misalnya, apabila gaya hidup kita selalu sibuk, maka pola napas yang kita miliki biasanya akan menjadi cepat dan pendek. Namun apabila gaya hidup kita santai dan tidak terlalu terburu-buru, maka pola napas kita biasanya lebih halus dan mudah dirasakan. Lokasi tempat tinggal juga mempengaruhi pola napas, misalnya apabila kita tinggal di perkotaan yang penuh debu, maka pola napas kita menjadi pendek dan mudah terhenti. Namun bisa kita tinggal di desa yang penuh dengan pepohonan maka pola napas kita menjadi lebih panjang dan pelan.

Pertanyaan selanjutnya adalah: apakah kita sudah dapat merasakan pola napas yang kita miliki di kehidupan sehari-hari?

Konsultasi chat (whatsapp) +628176881511

Leave a comment